Kanal

Yayasan HPI Gelar Parade Puisi Etnik-Indonesia

JAKARTA (Sunting.co.id) - Sempena Hari Sumpah Pemuda, hari ini 28 Oktober 2020, Yayasan Hari Puisi Indonesia (YHPI) menggelar Parade Puisi Etnik-Indonesia. 

 

Kegiatan yang mengusung tema 'Puisi Besar Sumpah Pemuda: Kedaerahan dan Keindonesiaan'  ini dilaksanakan secara vilirtual melalui Zoom Meeting pukul 16.00 sampai selesai. 

 

Kepada Sunting.co.id, Ketua YHPI, Maman S Mahayana menyebutkan, selain ada pembacaan puisi etnik, juga ada testimoni dari sastrawan-sastrawan Indonesia. Sedang tema dipilih sesuai dengan kebesaran Sumpah Pemuda sebagai sebuah puisi. 

 

''Akan ada pembacaan puisi etnik dari berbagai daerah di Indonesia. Sangat beragam. Ada Melayu, Bugis, Sunda dan sebagainya. Ada testimoni dan pembacaan teks Sumpah Pemuda juga,'' kata Maman. 

 

Testimoni akan disampaikan oleh sastrawan Indonesia. Mereka adalah Sutardji Colzoum Bachri (Puisi Besar Sumpah Pemuda), Abdul Hadi WM (Kedaerahan dan Keindonesiaan), dana Maman S Mahayana (Sumpah Pemuda sebagai Mukjizat). Testimoni akan dipandu oleh Arief D Hasibuan (Redaktur Haripuisi.info) sebagai host. Dalam kegiatan ini juga ada pembacaan teks Sumpah Pemuda oleh Asrizal Nur. 

 

Para Penyair yang akan membacakan puisi etnik ini adalah: A Slamet Widodo, Ahmadun Yosi Herfanda, Badaruddin Amir (Bugis), Bastian Zulyeno (Firdausi), D. Kemalawati (Aceh), Danny Susanto (Puisi Portugis), Fikar W Eda (Gayo), Iberahimsyah Barbary (Banjar), Ibrahim Gibra (Tabi/Ternate), Kunni Masrohanti (Melayu-Kampar), Mezra Pellondou (Rote, NTT), Ratna Ayu Budhiarti (Sunda), Rida K Liamsi (Melayu), Saut Poltak Tambunan (Batak), Syaifuddin Gani (Mambi, Kendari), Tjahjono Widarmanto (Jawa), Wayan Jengki Sunarta (Bali), Yahya Andi Saputra (Betawi), Yurnaldi Paduka Raja (Minang). Diramaikan Musikalisasi puisi oleh

Sanggar Matahari. 

 

Gebyar Sumpah Pemuda bersama YHPI dapat disaksikan Via Zoom

Meeting ID: 382 670 6587

Passcode: HPI2020 dengan narahubung 082369486372 (Arief). (*)

Ikuti Terus Sunting.co.id

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER