Kanal

Ninik Mamak dan Kerajaan Rantau Kampar Kiri Hadiri Peluncuran Buku 'Aku Malako Kociak'

PEKANBARU (Sunting.co.id) - Peluncuran buku berjudul 'Aku Malako Kociak' kolaborasi Komunitas Seni Rumah Sunting dan Yayasan Pendidikan Konservsi Alam (YAPEKA), Sabtu (27/1/2024), dihadiri segenap Datuk, Ninik Mamak dan pihak Kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan. 

Raja Rantau Kampar Kiri yang diwakili Dt Marajo Lipat Kain, Andi Rowasi, mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia menegaskan, bahwa, penerbitan buku itu bukanlah simbol literasi belaka tapi upaya pewarisan nilai-nilai kearifan lokal melalui media puisi. 

"Tentu saja kami bangga dengan lahirnya buku karya anak-anak Rantau Kampar Kiri, khususnya Malako Kociak ini. Bangga juga dengan kegigihan teman-teman Rumah Sunting dan Yapeka dalam mengajar dan memahamkan apa itu puisi dan menuangkan nilai-nilai luhur budaya yang ada di dalamnya," kata Dt. Andi. 

Malam itu, Dt Andi turut membubuhkan tandatangan dalam cover buku tersebut. Ia juga menyimak diskusi atau bincang sastra seputar buku tersebut sebelum diluncurkan dengan penandatanganan. 

"Atas nama Kerajaan Rantau Kampar Kiri yang wilayahnya sampai ke Malako Kociak, kami juga berharap pemajuan kebudayaan dan peleatarian nilai-nilai kearifan lokal ini terus dilakukan secara bersama-sama, termasuk dengan jalan literasi," tambahnya. 

Datuk Pucuk Malako Kociak, Ajizman yang datang langsung dari Malako Kociak malam itu, juga menyampaikan harapan-harapannya secara langsung. 

"Semoga kegiatan Rumah Sunting maupun YAPEKA ini tidak hanya sampai di sini. Hendaknya ada lagi. Entah itu untuk anak-anak, pemuda atau lainnya. Kami sangat senang dan mengucapkan banyak terimakasih atas terbitnya buku ini," katanya pula. 

Buku 'Aku Malako Kociak' merupakan kumpulan puisi yang ditulis oleh anak-anak Malako Kociak setelah mengikuti pelatihan menulis bersama Rumah Sunting sekitar enam bulan di tahun 2023. 

"Rumah Sunting tidak akan bisa melaksanakan pelatihan, pendampingan atau apapun itu tanpa dukungan seluruh masyarakat Malako Kociak, bahkan sampai buku ini diluncurkan. Tetimakasih Malako Kociak yang luar biasa. Semoga buku ini bermanfaat  dan yang pasti, anak-anak Malako Kociak telah merekam wajah Malako Kociak dalam buku ini. Mereka mencatat kisah dan kekayaan desa mereka baik adat, budaya dan kearifan lokal lainnya dalam buku ini," kata Founder Rumah Sunting, Kunni Masrohanti.(*)
 

Ikuti Terus Sunting.co.id

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER