Kanal

Enam Suku Ikuti Lima Cabang Lomba Dalam Festival Budaya Kenegerian Simalinyang

KAMPAR (Sunting.co.id) - Masyarakat Kenegerian Simalinyang Desa Simalinyang, Kecamatan Kampar Kiri Tengah, Kabupaten Kampar, menggelar Festival Budaya, 26-31 Desember 2023. Festival yang mengusung tema tahunan "Mambangkik Batang Taondam" ini merupakan festival ketiga. 

Ketua Panitia Pelaksana Indra, menyampaikan, kegiatan ini terlaksana murni berkat musyawarah bersama seluruh masyarakat. Semangat masyarakat membuat festival ketiga ini semakin meriah dan kuat. Jika tahun sebelumnya dilaksanakan antar RW, kali ini antar suku sekenegerian Simalinyang. Ada enam suku yang mengikuti enam lomba dalam festival tersebut. 

"Alhamdulillah, festival tahun ini semakin luas. Kalau dulu antar RW sekarang antar suku. Ada enam suku yang ikut lomba dalam festival ini," kata Indra. 

Enam Suku tersebut yakni, Suku Piliang yang berhasil meraih juara umum. Sedangkan lima suku lainnya yakni, Suku Domo Tuk Mudo, Domo Tuk Tuo, Melayu Tuk Mudo, Melayu Tuk Tuo dan Suku Malileng. 

Adapun  enam cabang lomba yang dipersembahkan yakni, lomba kuliner tradisi, stand, pengantin tahun 70-an, pengantin kekinian tradisi, pawai dan lomba Bujang Dara. 

"Kami berharap tahun depan festival ini bisa terlaksana lebih baik, lebih luas dan lebih meriah lagi. Kepada segenap dewan juri yakni Kunni Masrohanti, Al Rahim Sekha dan Syafmanefi Alamanda, kami ucapkan banyak terimakasih. Semua berkat kerjasama, dukungan banyak pihak terlebih Datuk dan Ninik Mamak serta semua persukuan di Kenegerian Simalinyang," kata seniman dan budayawan Rantau Kampar Kiri yang berdomisili di Simalinyang, Falozen,  sekaligus inisiator kegiatan tersebut. 

Kunni Masrohanti, budayawan Riau yang menjadi juri saat itu mengungkapkan rasa bangga sekaligus menaruh harapan lebih besar lagi kepada seluruh masyarakat Simalinyang. 

"Festival Budaya seperti ini sebagai salah satu wadah sekaligus upaya pewarisan dan perlindungan terhadap nilai-nilai luhur kearifan lokal. Tahun depan harus lebih luas dan meriah lagi," harap Kunni.(*)

Ikuti Terus Sunting.co.id

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER