Kanal

Empat Gunung di Sumbar Resmi Ditutup

SUMBAR (Sunting.co.id) - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat (Sumbar) resmi menutup empat gunung untuk pendakian maupun pariwisata sampai waktu yang belum ditentukan. Empat Gunung tersebut yakni Gunung Marapi, Singgalang, Tandikek dan Sago. 

Pengumuman resmi ini disampaikan melalui surat Nomor PG.2260/K.9/TU/KSA/12/2024. Penutupan dilakukan berdasarkan kejadian erupsi Gunung Marapi 3 Desember 2023 lalu dengan harapan tidak ada lagi bencana susulan yang menimpa para pendaki sekaligus mengantisipasi membludaknya para pendaki dalam menghadapi tahun baru 2024. 

"BBKSDA Sumbar menutup empat gunung di Sumbar yakni Gunung Marapi, Tandikek, Sago dan Singgalang sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan. Kami harap kerjasama semua pihak baik pemerintah daerah maupun pengelola di kaki gunung. Penutupan dilakukan untuk menghindari pembludakan pendaki di akhir dan awal tahun sekaligus karena dampak erupsi Gunung Marapi 3 Desembet lalu," kata Plh Kepala BKSDA Sumbar, Dian Indriati. 

Dikatakan Dian lebih lanjut  jika masih ada pendaki yang nekat naik tanpa sepengetahuan petugas atau pengelola tempatan, jika terjadi sesuatu pihaknya tidak bertanggungjawab. 

"Jika ada pendaki yang nekat naik tanpa sepengatahuan kami atau pihak pengelola di bawah kaki gunung dan sekitar, jika terjadi sesuatu  kami tidak bertanggungjawab," lanjut Dian.(*)

Ikuti Terus Sunting.co.id

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER