Kanal

Puluhan Perempuan Ikuti Pelatihan Pengelolaan Jasa Wisata di TWA Buluhcina

KAMPAR (Sunting.co.id) - Puluhan perempuan Desa Buluhcina, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, mengikuti Pelatihan Pengelolaan Jasa Wisata di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Buluhcina, Selasa, Rabu (4/10/2023). Kegiatan ini dilaksanakan Balai Besar Sumber Daya Alam (KSDA) Riau. 

Kepala Bidang KSDA Wilayah I, Andri Hansen Siregar S.Hut.T, M.Sc, saat membuka kegiatan tersebut, mengatakan, pelatihan itu dilaksanakan untuk melibatkan masyarakat setempat  khususnya kaum perempuan melalui Kelompok Tani Hutan Wanita (KTHW) Melati Indah yang merupakan binaan BBKSDA dalam pengelolaan dan memajukan TWA yang berada di desa tersebut. 

"Manfaatkan pelatihan ini sebaik-baiknya, ambil imu dari para narasumber agar ibu-ibu bisa lebih maksimal dalam memajukan kelompok tempat ibu-ibu bergerak saat ini. Kami berharap ibu-ibu terlibat dalam memajukan TWA khususnya di bidang jasa, selain kita harus terus bersama-sama menjaga kelestarian TWA ini," kata Hansen. 

Hansen berkali-kali mengajak KTHW Melati Indah untuk terus dan semakin aktif dalam menjalankan perannya serta mengingatkan agar menjaga TWA, jangan sampai dirusak. 

"TWA ini hutan kita bersama. Mari kita manfaatkan dengan bersama-sama mengelola hutan ini dengan baik. Hutan lestari, masyarakatnya bisa sejahtera," sambungnya. 

BBKSDA menghadirkan narasumber Kunni Masrohanti yang merupakan pegiat ekowisata, aktivis lingkungan, pendiri dan pembina Laskar Penggiat Ekowisata (LPE) Riau,. budayawan, penulis dan juga jurnalis. 

Selain Kunni, BBKSDA juga meghadirkan Sofiah salah satu pengelola Bank Sampah di Kota Pekanbaru. Kunni menyampaikan bagaimana peran perempuan dan ekowisata, sedang Sofiah tentang pengelolaan sampah di kawasan tersebut.(*)

 

Ikuti Terus Sunting.co.id

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER