Kanal

Takagh Godang di Koto Tuo Lipatkain Dinilai Keramat dan Sumber Obat

KAMPAR (Sunting.co.id) - Takagh Godang atau tempayan besar di Koto Tuo, Lipatkain, Kecamatan Kampar Kiri, sudah berusia ratusan tahun. Takagh yang berada di tengah perumahan penduduk ini dinilai keramat, bahkan sumber obat berbagai penyakit. 

Menurut Jawa, warga yang rumahnya paling dekat dengan posisi Takagh Godang ini, menyebutkan, banyak warga luar Lipatkain yang datang ke Takagh Godang dan mengambil air di dalam Takagh itu untuk dijadikan obat. 

"Yo, ado lo ughang datang maambiok ayyu takagh untuk ubek. Yo, macam-macamlah penyakitnya. Katonyo, yo ado elok (Ada orang datang mengambil air dalam takagh untuk obat, untuk berbagai penyakit. Katanya sembuh)," jelas Jawa saat ditemui Sunting.co di rumahnya. 

Posisi Takagh Godang tidak lagi di tanah seperti dulu. Kata Jawa, sejak beberapa tahun lalu, pihak desa membangunkan pagar dan tempat khusus untuk meletakkan Takagh tersebut sehingga sekarang posisinya setinggi dada orang dewasa. 

Takagh ini bukan Takagh biasa. Dilihat dari bentuknya, memang benda yang dibuat dengan bahan dan opname pada masanya
Mulut Takagh sudah tidak utuh alias pecah-pecah. Menurut warga, pecah ya mulut Talagh tersebut karena dipukul dengan alu atau lesung. 

"Ceritanya, dulu Takagh ini datang dari tempat lain yang jauh dengan menggelinding, tidak mau berhenti. Lalu warga yang sedang menumbuk padi, memukulkan alu ke mulut Takagh sampai pecah dan Takagh itu berhenti di tempat ini. Jadi bukan Takagh biasa," kata Ahdayulia, warga Lipatkain. 

Selain menjadi destinasi wisata sejarah, Takagh Godang juga banyak dikunjungi warga karena dinilai keramat.(*)
 

Ikuti Terus Sunting.co.id

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER