Kanal

Empat Penyair Perempuan Asal Jogja Ikut Pulang ke Kampung Baduy

BANTEN (Sunting.co.id) - Empat penyair perempuan asal Yogyakarta, turut hadir dalam kegiatan Pulang ke Kampung Tradisi yang dilaksanakan Penyair Perempuan Indonesia (PPI) di Baduy, Banten, 28-30 Juli 2023. Mereka adalah Ana Ratri, Yoza Veronika, Geva dan Asmariah. 

Sejak bergabung di PPI, mereka memang terlihat aktif. Dimulai ketika Yogyakarta dipilih sebagai lokasi Pulang ke Kampung Tradisi dua tahun lalu, sampai diskusi dan sharing di grup Whatshapp PPI. 

Selama mengikuti kegiatan di Baduy, mereka juga sangat aktif. Bahkan melakukan observasi dan wawancara kepada masyarakat Baduy dari halaman rumah hingga ke dapur. 

"Semangat puisi menyatukan kami dalam gairah bersama menjaga budaya.
Semangat PPI menyatukan perempuan dalam silaturahmi keluarga. Pulang ke Kampung Tradisi tak sekedar arti tapi di perjalanan ke Baduy menorehkan makna yang luar biasa. Jaya terus PPI," kata Ana Ratri yang juga seniman, aktris dan Dewan Kebudayaan Bantul, Yogyakarta. 

Ana dan kawan-kawan berharap agar kegiatan Pulang ke Kampung Tradisi terus dipertahankan.  Bukan hanya soal kesan, saling kenal dan keakraban dengan sesama anggota PPI dan masyarakat yang dikunjungi selama kegiatan berlangsung, tapi niat PPI untuk menjaga, melestarikan dan mewariskan budaya melalui puisi yang menariknya sehingga hadir dalam kegiatan tersebut. 

"Semoga tahun depan pesertanya lebih banyak. Jadi sam-sama menggali kekayaan budaya negeri ini dan bisa menuliskannya sebagai bentuk pewarisan dalam karya puisi," sambung Ana lagi.(*)



 

Ikuti Terus Sunting.co.id

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER