Kanal

Kirab Pemilu 2024 di Kabupaten Kampar Meriah, Diramaikan Berbagai Atraksi Seni

KAMPAR (Sunting.co.id) - Ribuan orang dari berbagai lapisan masyarakat turut menyemarakkan Pawai Kirab Pemilu di Kabupaten Kampar, Minggu (4/6/2024). Kirab Pemilu dimulai dari perbatasan Pekanbaru-Kampar tepatny di Gedung Mahligai Bungsu dan berakhir di Lapangan Pelajar Kota Bangkinang. 

Hampir seluruh peserta pawai berjalan kaki  tapi ada juga yang berkualitas. Mereka adalah komunitas Pordasi Kabupaten Kampar yang menurunkan empat ekor kuda. 

Bendera Kirab Pemilu diarak pasukan Drum Band Satpol PP Kabupaten Kampar, rombongan pengurus partai politik (parpol), pramuka, perwakilan dari berbagai organisasi masyarakat, tokoh adat, tokoh masyarakat, pemuda, pelajar hingga anggota PPK, PPS maupun Bawaslu Kampar dan masih banyak lainnya. 

Hadir dalam kegiatan ini Gubernur Riau yang diwakili Asisten I Setdaprov Riau H Masrul Kasmy, Penjabat Bupati Kampar Muhammad Firdaus bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kampar. 

Berbagai penampilan seni, pembacaan puisi dan musik lokal memeriahkan kegiatan ini Belasan anak-anak dari kaum difabel juga diberikan kesempatan unjuk gigi membawakan jingle Pemilu dan pertunjukan pantomin sebagai bagian sosialiasi Pemilu 2024. 

"Marilah kita sama-sama menjaga kondusifitas, keamanan dan ketertiban masyarakat untuk Pemilu yang baik. Selain itu mari menggunakan hak pilih pada Pemilu tahun 2024 mendatang," kata Gubernur yang diwakili Masrul Kasmy. 

Hal Senada juga disampaikan Pj Bupati Kampar yang mengajak masyarakat untuk menjadi pemilih yang cerdas karena nasib bangsa dan daerah terletak di tangan masyarakat. 

"Pilihan yang cerdas akan bisa membawa perubahan yang baik untuk bangsa dan daerah," katanya pula. 

Sementara itu Pelaksana Harian Ketua KPU Kabupaten Kampar H Sardalis menyampaikan, Kirab Pemilu tahun 2024 merupakan komitmen bersama KPU, Bawaslu, pemerintah dan seluruh pihak untuk menyukseskan Pemilu 2024. 

"Bawaslu Kampar, pengurus parpol dan berbagai pihak agar terus berkoar mengajak masyarakat jangan jadi pemilih pasif atau dikenal golput (golongan putih) karena memilih menjadi golput bukanlah pilihan yang baik. Semoga Pemilu berjalan sukses dan salah satu pertanda sukses itu adalah diterima seluruh rekapitulasi Pemilu oleh semua pihak dan dilantiknya orang-orang yang terpilih oleh pemerintah," kata Firdaus.
Sardalis pada kesempatan ini juga merinci data Pemilu Legislatif Kabupaten Kampar pada tahun 2024 nanti. Ada 18 parpol dengan 810 orang calon anggota legislatif yang akan memperebutkan 45 kursi di enam daerah pemilihan.
Ia menambahkan, untuk daftar pemilih sementara (DPS) di Kabupaten Kampar saat ini tercatat 590.279 pemilih. Pada tanggal 20 Juni nanti akan ditetapkan sebagai daftar pemilih tetap (DPT). 

Ia menambahkan, sampai semester pertama 2022, Kabupaten Kampar memiliki jumlah penduduk sebanyak 832.975 jiwa. Jumlah tersebut berada di range 500.000 jiwa hingga 1.000.000 jiwa sehingga jumlah anggota DPRD Kabupaten Kampar masih 45 orang.(rls/*)

Ikuti Terus Sunting.co.id

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER