Kanal

Hadiri Haul Penobatan Raja Kampar Kiri, Gubernur Sampaikan Apresiasi

KAMPAR (Sunting.co.id) - Gubernur Riau, H Syamsuar MSi bergelar Datuk Seri Setia Amanah menghadiri haul penobatan Yang Dipertuan Agung Raja XII Rantau Kampar Gunung Sahilan tahun ke-6, Minggu (22/1/2023) di Kerajaan Gunung Sahilan, Kabupaten Kampar.

Pada kesempatan itu, Syamsuar memberi apresiasi kepada panitia dan pihak kerajaan yang melaksanakan kegiatan tersebut. Menurutnya, pihak kerajaan bukan hanya melestarikan budaya dengan melaksanakan iven tersebut, tapi juga meningkatkan ekonomi masyarakat karena banyak masyarakat yang berjualan dan terlibat.

"Saya mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan haul penobatan Raja Rantau Kampar Kiri yang dibungkus dalam Festival Gunung Sahilan. Kegiatan ini bukan hanya upaya pelestarian kebudayaan tapi juga meningkatkan ekonomi masyarakat," kata Gubernur.

Pada kesempatan itu Gubernur juga menceritakan kehadiran  presiden Jokowi ke Riau beberapa waktu lalu. Katanya, Presiden memiliki perhatian tinggi terhadap nilai budaya, adat istiadat dan nilai-nilai leluhur.

Disebutkan Gubernur juga, bahwa, kegiatan seperti ini menjadi cara terbaik untuk memperkenalkan kekayakaan budaya Riau khususnya kepada anak-anak muda.


"Sekali.lagi, kegiatn seperti ini yang harus terus dilakukan, anak-anak kita akan terjejas dan ingat terus. Inilah kekayaan besar yang dimiliki Indonesia. Siapa yang menjaga kalau bukan kita dan anak-anak kita. Ini harus diwariskan. Kalau tak diangkat nilai leluhur ini, dan tidak dijaga, tidak dilestarikan, bisa hilang. Kalau istana ini hilang, hilanglah marwah," tegas Gubernur.

Sementara itu, Raja Kerajaan Rantau Kampar Kiri, Tengku Muhammad Nizar, menyebutkan, Festival Gunung Sahilan dan haul nobat raja dilaksanakan setiap tahun untuk memperkenalkan kembali eksistensi Kerajaan Rantau Kampar Kiri di Riau, di tingkat nasional maupun internasional.

"Alhamdulillah setiap tahun kami bisa melaksanakan kegiatan ini. Inilah upaya kami memperkenalkan keberadaan kerajan ini baik di tingkat nasional maupun internasional sesuai dengan amanah yang diberikan rakyat kepada kami yakni raja bergelar Raja Adat Raja Ibadat," kata Raja.

Selain Gubernur, hadir juga Penjabat Bupati Kampar (Datuk Dr. H.Kamsol, MM, Kapolres Kampar, Ketua Umum MKA LAMR Provinsi Riau (Datuk Seri Raja Marjohan Yusuf), Ketua DPH LAMR Provinsi Riau (Datuk Seri Taufik Ikram Jamil), Kepala Dinas Kebudayanvprov Riau Datuk Raja Yose Rizal Zein, Wakil Bupati Siak ( Datuk Husni Mirza, B.BA. M.M), Kadis Kominfo Riau, H Dt Erisman, Danrem/Dandim 03.1.3, Yang Dipertuan Muda Pelalawan Tengku Kashar Harun, Datuk Bendahara Pelalawan Tengku Zulmizan Assegaf, Yang Dipertuan Jumadil Alam Kerajaan Rambah Tengku Mansur, Yang Dipertuan Sakti Kerajaan RambahTengku Arulan, Kepala Kerapatan Adat Luhak Rambah Tengku Marko, Panglima Besar Lembaga Laskar Melayu Bersatu Datuk Panglima Ismail Amir, Datuk Seri Alwi Arifin, Ketua Umum DPH LAMR Kampar.(*)

Ikuti Terus Sunting.co.id

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER