Kanal

Jalan dan Jembatan di Cipang Kanan Terus Dibangun, Tahun ini Dua Jembatan Lagi

ROHUL (Sunting.co.id) - Pembangunan infrastruktur jalan Riau-Sumbar via kawasan Cipang Raya, Kabupaten Rokan Hulu, terus digesa Pemprov Riau. Pembangunan ini dimulai sejak beberapa tahun terakhir.

Selain jalan, juga jembatan. Salah satunya jembatan Sungai Kubu, di Dusun Kubang Buaya yang saat ini sedang dibangun dan sudah rampung sekitar 80 persen. Tahun ini, dua jembatan juga akan dibangun lagi.

Pantauan Sunting.co.id di lokasi, kondisi ruas jalan menuju perbatasan Riau-Sumbar ini memang sudah jauh lebih baik dibandingkan lima atau tiga tahun silam. Dari Dusun Kubang Buaya hingga dusun paling ujung Riau di Desa Cipang Kanan, yakni Dusun Kampung Batas, hampir semuanya sudah mulus. Hanya beberapa kilometer saja yang belum aspal, itupun sudah pengerasan.

"Jika tidak ada halangan, dua jembatan akan dibangun tahun ini. Di antaranya di Dusun Kersik Putih atau sebelum Dusun Kampung Batas. Semoga infrastruktur jalan jembatan segera tuntas dibangun sehingga masyarakat tidak kesulitan lagi," kata Kepala Desa Cipang Kanan, Abadi.

Desa Cipang Kanan tepatnya Dusun Kampung Batas, merupakan desa paling ujung yang berbatas langsung dengan Desa Rumbai, Kecamatan Mapattunggal, Kabupaten Pasaman Timur, Provinsi Sumbar. Sedangkan jalan yang melintasi desa ini merupakan jalan besar dengan status jalan provinsi dari Sumbar ke Riau atau sebaliknya via Kabupaten Rohul.

Ada empat desa paling ujung yang berbatas langsung di kawasan yang dikenal dengan Cipang Raya ini. Empat desa tersebut, dua desa berada di jalur kiri yakni Desa Cipang Kiri Hulu dan Cipang Kiri Hilir. Sedangkan dua desa lainnya berada di jalur kanan yakni Desa Tibawan dan Cipang Kanan.(*)

Ikuti Terus Sunting.co.id

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER